Rabu, 21 Agustus 2013

PERAWATAN BURUNG DECU

decu jantan
decu betina
Banyak sekali artikel yang membahas tentang burung decu tapi tak ada salahnya kita bahas kembali dan mungkin tidak semua orang yang tau tentang burung decu siapa tau ada yang lebih mumpuni mengetahui migrasi burung ini. Sekilas burung decu ini mirip sekali dengan kacer hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil bahkan hampir sama dengan burung gereja atau cipew dan tidak sedikit yang memanggil burung decu dengan sebutan kacer mini. Habitat burung decu bisa kita temukan di areal semak belukar tapi seiring dengan berjalannya zaman kini keberadaan burung kecil mungil ini kian susah untuk bisa menemuinya. Burung decu merupakan burung petarung tangguh sehingga banyak yang berdecak kagum akan alunan kicauannya yang mirip kacer dan tledekan bahkan burung ini mampu meniru kicauan merdu burung lain. 

Untuk membedakan jantan dan betina tidaklah begitu sulit karena burung decu jantan memiliki warna hitam pekat dan warna putih di sayap sedangkan untuk betina tidak beda jauh dengan jantan hanya saja hitamnya agah pudar bahkan cenderung pada warna kecoklatan.
Perawatan burung ini tidak jauh beda dengan burung pemakan serangga lainya seperti ciblek karena burung ini tidak boleh lepas dari makanan berprotein tinggi seperti kroto dan ulat hongkong.

1 komentar:

  1. makasih gan infonya
    cocok banget buat perawatan decu ane
    ada tips buat kenari merah ga ya?

    BalasHapus