Minggu, 17 Maret 2013

Perawatan Burung Ciblek Biar Cepat Gacor

Ternyata merawat burung ciblek gampang gampang susah apalagi yang masih piyik atau anakan tapi jika sudah besar dan gacor merupakan kebanggaan tersendiri. Asal muasal memelihara burung ciblek berasal dari sebuah ketidaksengajaan yaitu berawal dari sebuah kerjaan dan pulangnya di kasih dua ekor burung yang satu burung ciblek anakan yang belumbisa makan sendiri dan burung yang satunya burung cucak wilis atau orang biasa menyebutnya cucak rengganis. Kali ini yang akan kita bahas terlebih dahulu pengalaman memelihara burung ciblek yang belum bisa makan sendiri :


  • Sewaktu ngasih makan kasih makan di atas cepuk makanan yang sudah di kasi voer
  • Biarkan atau biasakan dia yang matok sendiri jangan kita yang nyuapin dengan memasukan makanan ke mulutnya
  • Dan kalo nyuapin makanan tepat berada di atas cepuk  voer jika ada makanan yang jatuh dari mulut burung akan masuk ke dalam cepuk yang berisi voer selain makanan tidak mubajir cara ini sekaligus mengajarkan burung untuk bisa mengenal tempat makanya maka secara lambat laun jika lapar akan langsung mencari ke dalam cepuk tersebut

    ternyata cara di atas cukup jitu membuat burung cepat bisa makan sendiri tanpa disuapin.untuk perawatan harian saya menerapkan seperti berikut ini :
    Pagi jam 05.00 WIB buka krodong, kemudian digantang di luar rumah, para kicaumania sering menyebut diembun-embunkan, namun sebenarnya untuk semua jenis burung senang akan suasana pagi hari menjelang matahari terbit.
    Jam 07.00 WIB ciblek diberikan extra fooding berupa jangkrik kecil 2-3 ekor, kroto ¼ – ½ sendok teh, ulat hongkong 2 – 4 ekor (pemberian extra fooding bisa disesuaikan dengan settingan), kemudian disemprot dengan setelan semprotan lembut.
    Penjemuran bisa dilakukan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB.
    Setelah itu di gantang ditempat yang teduh.
    Sore hari jam 16.00 WIB pemberian extrafooding dengan jumlah yang sama dengan pemberian extra fooding pagi harinya.
    Sore jam 17.00 WIB burung dikrodong.
    Semoga 6 cara perawatan burung ciblek ini bisa bermanfaat buat anda yang sedang belajar memelihara burung ciblek yang ingin di jadikan burung ciblek lomba maupun ingin di jadikan burung master.

    Untuk nambah wawasan saya coba nyari masukan melalui mbah google dengan sebuah tema cara merawat ciblek liar atau tangkapan dan dipaparkan seperti berikut ini :
  • Burung ciblek yang baru saja ditangkap biasanya tidak mau memakan voer. Sehingga kita perlu menyediakan makanan seperti makanan di habitatnya, burung ini biasa memakan ulat kecil atau kroto. Sediakan ulat kecil atau kroto setidaknya selama 3 hari berturut-turut. Selama masa adaptasi, usahakan sangkar burung tertutup kain gelap dan tempatkan di tempat yang sepi, tujuannya adalah agar burung ini tidak stres.
  • Pada hari keempat atau kelima cobalah mencampur makannanya dengan voer halus dengan perbandingan 20%voer dan 80% ulat. Perbandingan ini akan kita kurang tiap harinya, jadi perlu dipantau perkembangannya. Anda juga dapat menambahkan kroto segar di pagi hari.
  • Setelah satu atau dua pekan perbandingan campuran makanan sudah dapat mencapai 50 : 50. Hal ini tergantung kondisi burung. Prinsipnya usahakan burung dapat beradaptasi dengan baik. Pada masa ini kerodong sudah dapat mulai dibuka sebagian dan sangkar dapat ditaruh di sekitar orang lalu lalang. Hal ini perlu dilakukan sekitar 1 minggu.
  • Selanjutnya penutup atau kerodong dapat anda buka sepenuhnya dan ulat kecil dapat dikurangi porsinya. Untuk mengurangi porsi ulat, sebaiknya anda pastikan bahwa burung tersebut sudah menyukai voer. Caranya lihatlah tempat kotoran pada sangkar, jika banyak berceceran voer maka artinya ciblek tersebut belum mau makan voer, sebaiknya anda tunggu dulu mengurangi ulat. Tetapi jika voer tidak berceceran berarti anda dapat mengurangi porsi ulat.
  • Satu hal yang perlu kita ingat bahwa burung burung pemakan serangga sudah mau makan voer, tetapi tetap perlu kita kasih makanan serangga atau ulat kecil dengan porsi sedikit setiap hari agar kebutuhan nutrisi burung tersebut tetap terpenuhi dan kondisi burung anda tetap sehat. Selain itu berilah kroto setiap 2-3 hari sekali sebagai bonus bagi burung ciblek anda.

     Yang terakhir cara membedakan jenis kelamin ciblek :
     Ciblek jantan dan betina bisa dibedakan dari warna paruh bagian bawahnya. untuk ciblek jantan dewasa warna paruh seluruhnya adalah berwarna hitam sedangkan untuk jantan muda warna paruh bagian bawahnya berwarna putih kepucatan dengan sedikit warna hitam di ujung paruhnya, sedangkan untuk ciblek betina warna paruh bagian bawahnya berwarna putih.
    kunci sukses memelihara burung sangat tergantung dari sebuah perawatan harian yang kita biasakan untuk burung kicauan kita.

18 komentar:

  1. saya punya ciblek masuk remaja beli di pasar saya ksh mkanan kroto kristal,di cmpur dngn ulat kadang dngn kroto z,tapi kok g bunyi2 y....

    BalasHapus
  2. merawat ciblek dan burung jenis apapun memerlukan ketelatenan kunci burung bunyi bikin burung senyaman mungkin dimulai dari kebersihan kandang ,penjemuran sesuaikan denga kondisi burung sesuai alamnya dan pemberian makanan untuk ciblek itu sendiri jangan lepas pemberian kroto atau bisa juga di tambahkan jangkrik tapi tentu tidak semudah itu untuk membuat burung gacor tentu semuanya perlu waktu yang tidak sebentar

    BalasHapus
  3. mas

    saya punya 2 ciblek..ga tau jenis kelaminnya ke duanya.
    Apakah ciblek boleh di jemur berdeketan dengan sejenisnya?
    Lalu ciblek satunya suka bersalto-salto kebelakang trs. apakah ini stress atau apa ya? dan klo dikasih makan kelihatan agak liar? Apa yg harus dilakukan agar tidak liar?

    thanks

    BalasHapus
  4. kalo saya liat kondisi burung mas naruh burungnya jangan berdekatan usahakan berjauhan dengan tujuan memancing burung untuk berkicau bersahutan satu sama lainnya, perlu waktu agar burung jinak sering gantang di tempat yang dilalui orang nanti lambat laun akan jinak..

    BalasHapus
  5. Waou sangat manfaat bagi saya (pemula).
    Kalau ciblek sawah (prenjak sawah) cara perawatannya sama gakya...?

    BalasHapus
  6. merawat ciblek agak susah bos, enak pleci
    ini pengalaman saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas bro kalo merawat ciblek lupa gak ngasi EF bisa murung terlebih lagi bisa mati

      Hapus
  7. Memang perawatan burung pemakan buah lebih mudah dibanding burung pemakan serangga tapi kalo sudah tau ilmunya sama sama mudahnya kok tergantung ketelatenan saja.

    BalasHapus
  8. Bos,saya punya ciblek ngacor,tpi msh takut ama orang,bagaimana cara agar cepet jinak bos...? Padahal udh tak kasih di tempat orang lewat,klu pas sepi bunyi.makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake cara ekstrem mas....klo d mandiin di pegang aja trs di semprot pake spray halus sampe basah kuyup, lakukan pagi dan sore, ciblek saya beli ombyokan saya pake cara begitu seminggu jinak, bahkan pintu kandang selalu saya buka dan tuh ciblek keluar masuk kandang aja

      Hapus
  9. Ooo iya satu lagi tambahan agar ciblek jinak, biasa kasih ef pake lidi, dan latih kasih ef pake tangan sekali-sekali, ciblek saya jinak tp blom gacor...xixixi

    BalasHapus
  10. cara memberi anakkan ciblek yg blum tunbuh bulu gimana mas ?????

    BalasHapus
  11. gan mau tnya nih bnyk yg bilang ciblek ada semi kristal dan kapas nah yg pling bnyk di suka dn agk bgus yg mana tuh gan d tnggu gn jwbn nya...? mksh.

    BalasHapus
  12. Mikum om. Sya mwu tnya. Sya bru bli ciblek anakan kra2 1-2 blan lah. Tp sdah mkan voer. Nah prtnyaan'a bgaimna cra prawatan hrian'a om? Apkah sma sprti yg sdah dwasa? Tlong masukan'a om. Thx

    BalasHapus
  13. permisi gan...q punya prenjak putih,,msh malu2 nggacor,tp gk mau makan jangkrik,,nah gimana caranya ya gan,agar mau makan jangkrik...
    trim's bgt..

    BalasHapus