Rabu, 06 Maret 2013

Membuat Racikan Makanan Buat Burung Pleci/Kaca Mata

Seiring dengan melambungnya burung pleci tak jarang orang yang bertanya tanya cara membuat racikan buat burung kesayangan dengan tujuan untuk memaksimalkan perfomanya sekilas cara membuat racikan membuat makanan akan saya posting kali ini dari beberapa sumber yang sangat berkompeten di bidangnya di antaranya :

 Saran om kicau:

       Sediakan bahan bahan :
  • Kacang hijau (250 gram)
  • Gula pasir / gula merah (12 sendok teh)
  • Telur ayam mentah (1 – 2 butir)

    Proses pembuatannya:
  1. Kacang hijau dan gula / gula merah direbus.
  2. Jika kacang hijau sudah lunak, segera buang airnya.
  3. Hancurkan rebusan kacang hijau hingga menjadi pasta.
  4. Tambahkan 1 – 2 telur ayam mentah ke dalam adonan (cangkang / kerabang telur jangan dibuang).
  5. Tumbuk cangkang telur ayam hingga halus, lalu dimasukkan ke dalam adonan. Cangkang  kita jadikan sumber kalsium untuk pertumbuhan pleci.
  6. Sekarang aduk adonan hingga benar-benar merata.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya, kemudian dipanggang dalam oven hingga kering.
  8. Keluarkan adonan yang sudah matang, tutup dengan tudung saji (untuk menghindari lalat), dan biarkan hingga dingin.
  9. Setelah agak dingin, tumbuk adonan hingga halus, dan siap disajikan kepada pleci Anda. Sisa adonan bisa disimpan dalam lemari makan atau kulkas, untuk digunakan esok hari.
Selain untuk pleci kelangenan  adonan ini juga bisa digunakan (bahkan sangat baik) untuk pleci dalam penangkaran. Beberapa penangkar yang menggunakan resep ini mengakui bahwa menu spesial ini mempercepat proses reproduksi burung.

Ibarat pepatah lain ladang lain belalang lain pula pendapat orang kira kira begitulan dan yang kedua kali ini cara meracik makanan pleci dari dokumenpcmi seperti berikut ini bunyinya :

Hampir 95% pelomba Pleci di Singapura, Vietnam, China dan beberapa negara lain tidak pernah pure menggunakan pakan pabrikan. Mereka selalu memberikan makanan adalah hasil racikan kepada Jagoan Pleci Lomba mereka. Mahaguru Irvan Sadewa berkenan berbagi racikan rahasia voer untuk pleci jagoan Anda…:)
APA SAJA YANG KITA BUTUHKAN UNTUK MERACIK VOER KHUSUS PLECI (PLECI LOMBA)?
1. VOER CRUMBLE PABRIKAN DENGAN KUALITAS BAIK. Baik disini bukanlah dari merek populer, tapi terbukti aman dan sesuai dengan sistem metabolisme burung pemakan serangga dan buah. Memiliki kandungan protein 16-21%, karbohidrat dan lemak yang seimbang dan mengandung beberapa mineral pendukung.
——————————————————————————————————
Tanpa ada unsur promosi, saya merekomendasikan pakan burung FANCY NINE STAR (9Star) yang butirannya berwarna coklat sebagai bahan bakunya.
2. FUMAYIN (HEMP SEED)
Fumayin yang kaya akan asam amino esensial, secara ilmiah terbukti sangat baik untuk manusia dan burung. Fumayin tidak menimbulkan ketagihan sebagaimana “mitos” yang berkembang. Mitos tersebut sengaja disebarkan agar tidak semua orang menggunakan Fumayin untuk burung mereka.
Teman-teman mau bukti kenapa Fumayin sangat aman dan sangat direkomendasikan?
Mari lihat semua pakan burung import. Mereka mencampur 10-15% Fumayin pada pakan bermerek mereka. Seperti Vitacract, Bogena, CeDe dll. Nah, Logikanya, kalau memang bahaya? Kenapa lolos pada uji lab kesehatan di luar negeri yang terkenal sangat sangat ketat?
HeHeHe…
Apa sih biji fumayin? biji fumayin adalah sejenis biji ganja tapi tidak mengandung zat adiktif yang dapat disalahgunakan,biji fumayin ini telah diteliti mengandung asam amino yang cukup tinggi,dan kerap kali ditemukan didalam CeDe Belgie import beberapa butir…
apa kegunaan biji fumayin?
1.biji fumayin mampu meningkatkan birahi burung dalam waktu yang cukup cepat,kunci sukses para breeder burung.
2.biji fumayin sering digunakan sebagai doping para pemain lapangan agar burung koncer.
3.biji fumayin sangat baik diberikan kepada burung yang mabung,karena akan sangat membantu burung untuk ambrol se ambrol-ambrol nya,hehehe….
dosis: cukup diberikan 5-6 butir per hari ke setiap burung…
jangan lupa untuk memecahkan kulit biji fumayin sebelum diberikan kepada burung karena biji fumayin memiliki kulit yang sangat keras.
3. TEPUNG JANGKRIK
Berdasar penelitian ilmiah, jangkrik memiliki kandungan hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm.
Bahkan mampu menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram jauh diatas bahan makanan lainnya.
Ternyata kandungan protein tepung yang terbuat dari jangkrik tersebut tinggi, yakni mencapai 57,32 persen.
Selain itu, Jangkrik ini juga memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel, GSH (glutation) dan berfungsi sebagai antioksidan alami pada tubuh.
Proses pembuatan Tepung Jangkrik sebagai berikut :
Jangkrik (usia 40 hari) —> Direndam air panas —> Dicuci hingga bersih —> Masukan dalam oven 70oC , t = 3 jam —> Digiling sampai berukuran halus.
INFO: Tepung Jangkrik mudah di dapatkan di POULTRY tempat menjual pakan-pakan ayam.
4. PAKAN IKAN HIAS BERMEREK DAN BERMUTU
Pakan ikan hias ini selain banyak mengandung banyak protein, juga sangat kaya akan asam amino dan mineral yang sangat baik untuk burung Pleci. Disamping itu, hampir semua pakan ikan hias sudah dilengkapi dengan formula alami yang bisa membuat warna lebih baik.
Sangat banyak pakan hias yang beredar di pasaran, selama ini yang kita gunakan merek Beuty dan Takari.
5. TIMBANGAN KUE
Kita membutuhkan timbangan kue untuk menimbang beberapa bahan agar sesuai dengan komposisi yang seharusnya.
CARA MERACIKNYA
a. Timbang dan siapkan 100 gram Voer Crumble.
b. Timbang dan siapkan 10 gram Fumayin. Sebelumnya Fumayin di kongsong (goreng tanpa minyak) selama 5 menit lalu kupas kulit luarnya. Yang diambil hanya isi dalamnya saja.
c. Timbang dan siapkan 20 gram Tepung Jangkrik.
d. Timbang dan siapkan 10 gram pakan ikan hias (takari/beuty)
Giling/haluskan 100 gram Voer + 10 gram Fumayin + 20 gram Tepung Jangkrik dengan penggiling atau blender (dry) sehingga menjadi butiran yang lebih kecil atau lebih halus (sesuai selera).
Setelah ketiga bahan diatas menjadi halus dan tercampur dengan baik, tambahkan 10 gram pakan ikan hias, lalu aduk lagi hingga merata.
Setelah dingin, usahakan voer yang sudah kita racik diatas selalu disimpan di wadah yang benar-benar baik dan kedap udara, ini penting untuk menjaga kualitas pakan tersebut agar tidak tercemar bakteri dan jamur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar