Kamis, 27 Desember 2012

TV POLYTRON BIGBEAUTY 21in mati tegangan +14v ngedrop

pcb tv polytron big beauty 21"
pcb tv polytron big beauty 21" 
 Lagi asyik menikmati indahnya pagi dengan dibarengi hembusan angin sepoi sepoi tak lupa secangkir kopi menemaniku tiba tiba dikagetkan dengan kedatangan sesosok tamu membawa tv politron big beauty 21" type:BB 5132 M dengan keruksakan matot alias mati total,, perlahan mulai ku buka casing dan mulailah pengukuran jalur tegangan ternyata teg +14v untuk di bagi menjadi tegangan +5v dan +8v kecil kira kira terukur di tegangan +14v cuma ada +8v apalagi setelah masuk kaki tr D.313 untuk menghasilkan teg 5v cuma ada 3v dan untuk tegangan 8v nya hanya ada 6v bahkan led merahnya saja tidak nyala sedikitpun wow.. ini dia pikirku setelah mencopot jalur 5v untuk ic program dan jalur 8v untuk tegangan ic croma (stv 2286) tetap tidak ada perubahan mulailah ngecek tegangan yg lainya yaitu teg.+14v dan -14v untuk tegangan untuk ic audio cuma ada sekitar 9v kucopot lagi jalur yg satu ini weleh weleh kok tetep sama juga ora ene perubahan mas bro...
tapi yg membuatku heran seheranheranya bahkan ampe pusing 7 keliling di tambah 786 kali putaran komplek pusingnya untuk tegangan +115v normal yaitu terukur +115v.. selanjutnya ku mulai pengukuran di bagian power suplay semua komponennya gak terlewatkan sampe ic otocoplor dan fet 431 sudah diganti bahkan elco elco untuk tegangan +14v sama trnsistor D313 untuk pembagi tegangan 8v sama 5v ku babat juga tapi tidak juga mendapat perubahan.. ko coba sering ma para tecknisi yg lainya malah tidak ada jawaban yg memuaskan tak lupa mbah google di tanya sedetil mungkin masih juga tidak ada jawaban duh pye iki pengen rasanya aku loncat dari tower yg ketinggianya ribuan kilo meter kaya yg di beritain di tv tv weleh kok ampe mikirnya kesono tok!!!! setelah sekitar dua minggu tv itu berada di meja servisku akhirnya ku temukan sebuah jawaban bagian yg rusak yaitu..... mau tau apanya coy?????  kasi tau gak ya... ok coy rupanya yg membuatku kepala serasa mau pecah yaitu trafo switchingnya yg rusak setelah melakukan pergantian trafo tersebut clink clink clink tv hidup normal seperti sedia kala... *kenapa aku gak kepikiran ganti trafo dari awal.. bukanya gak kepikiran bro cuma selama aku bergelut di dunia electronika bahkan nenek moyangku juga blum pernah melakukan pergantian trafo seperti ini kecuali nampak trafonya gosong kaya kena kilatan petir apalagi diliat dari awal trafonya adem ayem aja keliatanya tuh...*

10 komentar:

  1. wah ., kkkkkk tadi saya ngira fbt wkwkwk

    BalasHapus
  2. oh, jadi terkecoh mungkin terlalu asyk membacanya jadi kebawa suasana hehehehehe

    BalasHapus
  3. Penulis naskahnya jos tenan..sampe2 ku gk sempat mikir PRoBLEM nya..eah eh..

    BalasHapus
  4. makasih deh kalo terhibur dengan gaya penulisana yang banyak ngelantur gkgkgkgkgk

    BalasHapus
  5. salam kenal mas,
    kebetulan saat ini saya lagi betulin TV yang sama mas,POLYTRON big beauty.hanya saja serinya sedikit berbeda,,,yang lagi saya kerjain ini type BB5132K.
    kerusakannya juga membingungkan saya mas,tegangan +12V drop menjadi 8,2V {+12V untuk suply IC chroma,sebelumnya masuk ke IC regulator L7808CV yang seharusnya ada tegangan 8volt juga drop menjadi 5V,kalau punya mas seperti yang tertulis diatas +12V adalah +14V} dan tegangan untuk IC audio +15V dan -15V juga ikutin drop,tegangan 50V juga sedikit drop menjadi 44V.
    Dan yang aneh memang ajaib B+ nya normal 115V.disertai dengan trafo swithing yang berbunyi,berderik.
    coba lepas beban IC audio +15V,tetap juga terukur hanya 9,7V,ganti beberapa buah elko dimasing masing jalur suply jg gk ada perubahan.
    tapi bagian main power suply tidak saya utak atik mas,karena opini saya apabila B+ normal dan TV mau start maka main power tdk masalah.
    oh ya TV ini bisa start hanya saja tidak nampak apapun dilayar,buktinya pertama hidup TV stanby Led merah menyala,tekan tombol ch di panel,TV start (tidak protek) disertainya keluarnya tegangan B+ dan lainnya.hemmmmm,cukup membingung.
    setelah baca postingan mas terinspirasi juga ingin mengganti trafo switchingnya hanya saja dimana carinya ya?maklum mas disini kota kecil pinggiran sumatera utara.
    atau ada saran mas,apa yang harus dikerjain selanjutnya dan apabila harus mengganti trafo switching mas tahu gak persamaanya,disini trafonya tertulis kode PN 6100020 BK dan dibawahnya lagi tertulis DM4210-03004.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh maaf sebelumya mas kalau datangnya main nyelonong aja,makasih banyak dan salam sukses.

      Hapus
  6. ya cuma sebatas itu yang saya tau,, kalo memang keruksakannya sama coba aja ganti trafonya pake trafo switching yang bekas biasanya untuk model bigbeauty sama trafonya...
    semoga berhasil

    BalasHapus